Mengenal Para Pahlawan Melalui Film

16 komentar
poto/pixabay

Panem Today, Panem Tomorrow, Panem Forever

Sepenggal kalimat yang diucapkan Katniss Everdeen. Seorang wanita yang mahir memanah, pemberani dan pantang menyerah. Ia melakukan banyak cara untuk membela para kaumnya, yang selalu tertindas.

Penduduk Panem hamper tidak pernah merasakan kebahagiaan. Semua hasil kerja keras mereka akan diberikan kepada Presiden Snow, seorang pemimpin yang kejam. Bahkan Anak-anak di seluruh distrik wajib mengikuti kompetisi tahunan, saat usia mereka sudah menginjak empat belas tahun.

Hadiah yang diberikan memang sangat besar. Kemewahan dan segala fasilitas pendukung dapat dimiliki seumur hidup bagi para pemenang. Juga, mereka yang menjadi juara tidak perlu lagi mengikuti kompetisi tahunan tersebut.

Peserta yang berjumlah dua puluh empat orang, akan saling bertarung satu sama lain. Hingga tersisa hanya seorang pemenang, yang berhak memiliki semua hadiah tersebut. Oleh sebab itu, sudah pasti kompetisi ini menjadikan nyawa sebagai taruhannya.

Katniss Everdeen dan Peeta Mellark terpilih menjadi peserta yang mewakili Distrik 12. Mereka membuat strategi yang cemerlang, yaitu berpura-pura menjadi sepasang kekasih. Dan sebagai hasilnya, para sponsor mneyukai kisah romansa tersebut, dan memberikan banyak dukungan.

Dengan kemampuan memanahnya, juga panduan yang diberikan sang mentor Haymitch , Katniss Everdeen tidak sulit beradaptasi dengan arena pertandingan, yang berada di tengah hutan. Ia bisa berburu untuk mendapatkan makanan, dan melawan para pesaing.

The Hunger Games

Kisah pemberani dan pantang menyerah Katniss Everdeen ada di film The Hunger Games. Walaupun sudah bertahun-tahun yang lalu ditayangkan, namun, semangat dari cerita ini sangat membekas. Sama sekali tidak akan bosan menontonnya.

Katniss Everdeen membawa perubahan terhadap seluruh distrik, setelah kemenangannya bersama Peeta Mellark dikompetisi tahunan. Harapan perjuangan terlihat jelas. Penduduk panem menginginkan satu hal, Kemerdekaan.

Siapa sangka seorang gadis biasa, bisa membuat hati banyak orang untuk bergerak melawan penindasan. Dan berhenti untuk saling bertarung satu sama lain, dengan mengorbankan nyawa anak-anak mereka.

Perlahan-lahan setiap kelompok yang ada di distrik, melakukan perlawanan terhadap Presiden Snow, pemimpin diktator dan kejam. Katniss Everdeen berada di medan perang bersama mereka, para pejuang lainnya.

Mengorbankan semangat dan selalu pantang menyerah. Walaupun kampung halamannya habis terbakar, Distrik 12, Katniss Everdeen tetap berjuang demi kemerdekaan kaumnya. Ia menginginkan penduduk panem dapat hidup secara bebas.

Proses Tidak Akan Menghianati Hasil

Seluruh distrik bersatu untuk melawan Presiden Snow. Berperang melawan ketidakadilan, segala upaya sudah dipersiapkan demi kelancaran perjuangan. Terluka sudah pasti, namun, sedikitpun tidak menyurutkan semangat mereka.

Bahkan beberapa penduduk Capitol (Ibu Kota) juga membantu dalam perjuangan ini. Tidak hanya tenaga, bakat yang dimiliki juga turut diberikan. Seperti sekelompok pembuat film, mereka mengikuti Katniss Everdeen, untuk membuat video penyemangat.

Dan pada akhirnya memang kemenangan dapat diraih. Para pejuang memasuki Capitol dan berhasil melengserkan Presiden Snow. Ia dijadikan tahanan dan akan dihukuman yang berat. Perjuangan mereka sudah berakhir.

Katniss Everdeen dapat pulang kembali ke rumahnya, walaupun tidak banyak yang tersisa. Tetapi, masa depan cerah sudah menanti, dengan kini adanya pimpinan terpilih. Adil dan mencintai seluruh rakyat panem.

Seorang Pahlawan Di Dunia Nyata

Kita juga memiliki pahlawan seperti Katniss Everdeen. Wanita pemberani dan tidak pantang menyerah. Berjuang demi kemerdekaan negara tercinta, Indonesia. Saat masa-masa penjajahan dahulu, mereka melawan setiap musuh yang ada.

Sebut saya Cut Nyak Dien, R. A Kartini, dan lain sebagainya. Menggunakan segala kemampuan untuk rakyat. Taktik perang, mengajarkan anak-anak baca dan tulis. Masih banyak bentuk-bentuk perjuangan yang masih sedikit kita kenal, namun, dampaknya sangat luar biasa hingga kini.

Seperti Katniss Everdeen pada film The Hunger Games, pemuda-pemudi masa kini juga pasti bisa membuat karya yang lebih baik, untuk mengenalkan para pahlawan. Menceritakan kisah-kisah perjuangan mereka. Selain bagian dari sejarah, juga mengingat dan menghormati para leluhur negeri tercinta.

Related Posts

16 komentar

  1. Saya gak suka Film Hunger Games sih, yang penting perempuan juga tetap bisa menjadi pahlawan seperti pejuang-pejuang perempuan saat ini. Semua juga bisa jadi pahlawan. Asalkan, punya niat yang tinggi serta mempunyai sifat pemimpin yang baik dan selalu bijak menentang hal-hal yang tidak di inginkan

    BalasHapus
  2. The Hunger Games, cerita kepahlawanan yang sungguh menarik sekali. Analoginya dengan pahlawan di Indonesia , terutama pahlawan perempuan. Senang dengan perjuangan perempuan sekecil apa pun.

    BalasHapus
  3. Saya belum pernah tertarik nonton film Hunger Games ini, karena ceritanya genre fantasi, genre yang kurang saya sukai. Tapi kayaknya menarik juga pesan heroik yang dibawakan ya :)

    BalasHapus
  4. Jadi pingin nonton The Hunger Games, tapi kok komen teman teman di atas ngga ok ya?
    Hihihi film dan drama emang tergantung selera ya?
    Karena setiap orang punya sudut pandang berbeda

    BalasHapus
  5. Film Indonesia juga sudah banyak yang menangkat kisah pahlawan nasional semisal
    Tjoet Nja' Dhien (1988) dan Kartini (2017)

    BalasHapus
  6. Pesan filmya seperti The Hero banget ya ..menarik sepertinya coba deh nanti saya cari film ini ntk saya tonton

    BalasHapus
  7. Aku tambah suka sama Jennifer Lawrence karena The Hunger Games. Karakternya memang heroik dan selalu memikirkan kepentingan orang lain, ya..

    BalasHapus
  8. Aku belom pernah nonton Pelem ini, tapi selalu salut sama cerita2 pahlawan perempuan yang keren dan menginspirasi.

    BalasHapus
  9. Baru dengar judul film itu Mbak. Selain karena jarang nonton aku hehe.

    Betul, kita punya banyak sosok perempuan Pahlawan khususnya dalam memperjuangkan kemerdekaan ya. Bangga sama mereka :')

    BalasHapus
  10. Aku tertarik sama judul filmnya ini mbak. Ini bisa ditonton dimana ya mbak?

    BalasHapus
  11. udah sering denger film ini tapi ga atau udah nonton blm ya. hihi.. pahlawan perempuan memang banyak tapi seringkali yanng ditonjolkan sedikit atau hanya itu2 saja. jadi memang kita perlu memperluas wawasan dan tidak kaku pada definisi pahlawan itu sendiri yaa.

    BalasHapus
  12. Aku termasuk yang kurang suka nonton film kak, jadi nggak update sama judul-judul film apalagi yang baru-baru hehe. Tapi aku suka sih kalau ada film yang ngangkat tema tentang pahlawan perempuan gini.

    BalasHapus
  13. aku ga ngikutin film hunger games sih mbak. aku seneng aja reviewer film, jadi bisa membaca kisah yang bisa dipetik dari sebuah hiburan. keren

    BalasHapus
  14. Sciensfic kayak Hunger Games ini, konsep filmnya memang keren. Dinamika cerita, keahlian dan pastinya kisah heroic. Beberapa karakter heroic benar2 tampak, mulai perjuangan hingga pengorbanan.

    BalasHapus
  15. Kayaknya aku pernah nonton film The Hunger Games. Menarik sekali mengenal para pahlawan lewat sebuah film, jadi lebih ngena gitu..

    BalasHapus
  16. Keren bgt emang hunger games ;) jalan ceritanya bikin semangat untuk terus berjuang mempertahankan apa yg benar ya!

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email