New Normal, Gaya Hidup Baru

24 komentar

poto/pixabay

Tidak terasa sekarang sudah memasuki bulan Oktober. Itu artinya tinggal sebentar lagi mendekati pergantian tahun. Mudah-mudahan pandemi yang sedang melanda negeri tercinta kita segera berlalu. Aamiin.

Nah, sesuai anjuran dari pemerintah, tidak boleh keluar rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak. Ketika ada kepentingan yang sangat penting, lebih baik mempersingkat waktu selama prosesnya, agak tidak berlama-lama berinteraksi dengan banyak orang.

Walaupun kegiatan sekarang serba daring (dalam jaringan), tapi beberapa keperluan mengharuskan kita untuk keluar rumah. Misalnya mencetak foto, jika tidak memiliki alat printer maka toko percetakan akan menjadi pilihan.

Jika melakukannya di toko percetakan, kemungkinan akan mengantri dahulu, setelah giliran sudah tiba akan menunggu lagi untuk menyelesaikan sesuai permintaan. Nah, untuk menghindari interaksi dengan banyak orang, maka kita bisa mempersingkat waktu dengan mengedit foto terlebih dahulu di rumah.

Menggunakan aplikasi Adobe Potoshop. Salah satu fasilitas yang disediakan ialah Magic Wand Tool, sangat berguna untuk mengubah background foto secara cepat. Namun, saran saya saat pengambilan gambar, usahakan latar belakangnya hanya satu warna, contohnya putih.

Untuk memenuhi kelengkapan berkas, biasanya membutuhkan pas foto, maka pertama-tama buka aplikasi tersebut, pilih gambar yang yang akan diedit. Setelah itu, klik Set Background Color, tentukan warna yang diinginkan.

Lalu klik Magic Wand Tool pada aplikasi Adobe Potoshop. Kemudian arsir bagian gambar yang akan diubah warna latar belakangnya. Lalu tekan delete pada keyboard. Selesai. Hanya beberapa langkah, maka warna background sudah terganti.

Jangan lupa mengklik kanan pada gambar tersebut, lalu pilih Deselect. Hal itu untuk menghilangkan bayangan titik-titik dari proses pengeditan. Jika sudah selesai, potong foto dengan Crop, sesuaikan ukurannya bisa 3x4 atau 6x8, dan lain-lain. Kemudian segera simpan foto di dalam flashdisk atau perangkat penyimpanan lainnya, dan siap untuk dicetak.

Tahapan yang dibutuhkan sangat singkat. Tidak memakan banyak waktu, jika memang memiliki printer dan kertas khusus foto di rumah, akan lebih mudah lagi. Hanya berada di kamar atau ruang kerja, foto sudah dapat dicetak.

Saat matakuliah Desain Grafis dulu, saya menggunakan cara tersebut ketika ujian berlangsung. Mengedit gambar dengan cepat, bisa menghemat waktu pengerjaan. Hasil dari Magic Wand Tool juga cukup rapi.

Mencoba Hal-hal Baru

Karena sekarang juga sudah banyak penyusunan berkas dilakukan secara digital. Maka, jika tidak mencetaknya bisa menyimpan data tersebut. Seperti melamar kerja kini cukup mengirim pas foto, KTP, resume dengan menggunakan e-mail.

Di tengah wabah pandemi saat ini, kita harus dapat mengasah kemampuan dalam segala bidang. Untuk mengurangi waktu beperian keluar rumah, dan terpenting tidak berinteraksi secara langsung dengan orang-orang.

Banyak yang bisa dipelajari saat berada di rumah. Mengisi waktu dengan hal-hal yang bermanfaat, misalnya membaca buku, atau belajar menjahit, mendesain gambar. Mungkin saja, dari hal tersebut justru menjadi peluang baru.

Dan dapat membuka pintu rezeki. Kemampuan yang diasah sedemikian rupa akan memberikan hasil yang baik pula. Selagi itu baik, benar, halal, dan tidak mengganggu orang lain, hal tersebut patut untuk dicoba.

Menonjolkan kemampuan yang selama ini kita tidak pernah mencobanya. New Normal, menjadi gaya hidup yang tidak dapat terelakkan lagi. Beradaptasi dengan keadaan, akan menjadi langkah yang baik untuk bertahan dalam keadaan yang serba terbatas, seperti saat ini.

Related Posts

24 komentar

  1. Banyak hal yang dapat dipelajari saat new normal. Produktif dan kreatif kunci utamanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus bisa beradaptasi dengan kondisi saat ini...

      Hapus
  2. Saya Juga suka ngedit foto. Foto buat paspor dan visa biasanya suka edit sendiri soalnya kadang kadang background nya warnanya harus beda-beda. Cuman Saya ga pakai Photoshop. Pakai HP Aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap bang... udah terbiasa ngedit poto sendiri.. kebutuhan memang selalu ada, tinggal kitanya aja yang bisa mengolah kreatifitas...

      Hapus
  3. Kangen kebebasan tanpa Covid-19...

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga wabah ini cepat berlalu... Aamiin

      Hapus
  4. Asikk nambah ilmu lagi. Sepakat kak, jangan lelah mencari ilmu apapun, karena suatu hari pasti berguna

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat mba... semoga bermanfaat artikelnya. dan terimakasih sudah berkunjung

      Hapus
  5. Sekarang kita perlu kemampuan beradaptasi dengan cepat dengan keadaan ya Mbak. Bisa belajar juga meskipun dari rumah saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makin banyak kemudahan sekarang, selagi ada niat, pasti ada jalan

      Hapus
  6. betul sekali kak lusi memang kita harus berubah atau kalah ya sama zaman sekarang. anakku yang balita aja sudah bisa pake zoom..hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren anaknya mba... yuk terus upgrade diri

      Hapus
  7. Bener banget mba, akupu selama pandemi banyak mencoba hal hal baru.

    BalasHapus
  8. Salam kenal mbak!
    Bener banget, banyak hal-hal baru yang sebelumnya nggak ke eksplor sebelum pandemi. Adik-adikku sekolah dengan zoom membuat aku berpikir wah, jaman sudah benar-benar berubah.

    Anyway, semangat untuk kita dalam mencoba hal-hal baru yaa!

    BalasHapus
  9. Potensi kita sangat tergali di saat kepepet dan hars dilakukan pada saat itu juga. Ini sangat memacu tentunya. Manfaatkan apa yang kita miliki dan apa yang kita bisa. The power of kepepet banyak hikmahnya ya Mba. Tak henti2nya berdoa semoga covid cepat berlalu.

    BalasHapus
  10. the power of kepepet malah beneran bisa jadi power buat punya kemampuan baru ya. Bisa nih edit photoshopnya dipraktikkan, selama ini mikirnya kalo pake aplikasi photoshop ini bakalan ribet dan lama soalnya

    BalasHapus
  11. mengisi waktu dengan kegiatan kreatif, keren ini. Edit photoshop kesannya ribet tapi mengasyikkan ya

    BalasHapus
  12. Ya ampun Adobe Photoshop.. pernah pakai sekali trus keblinger sendiri hehe

    BalasHapus
  13. Saya juga jadi mencoba melakukan hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Semua dilakukan untuk survive. Semangat ya mbaaa

    BalasHapus
  14. Sejak masa pandemi ini memang banyak hal baru yang saya pelajari. Alhamdulillah jadi nambah skill baru sih.

    Selain itu juga semakin perhatian sama kebersihan dan kesehatan diri sendiri deh.

    BalasHapus
  15. Bener. Sekarang saatnya belajar hal baru dan memanfaat kemampuan yang ada agar bisa tetap bertahan di tengah pandemi seperti ini.

    BalasHapus
  16. Biarpun di rumah banyak hal yang bisa dipelajari ya, supaya lebih produktif dan kreatif juga ya

    BalasHapus
  17. Pandemi ini memamg mengharuskan kita untuk tetap mejaga kewarasan ya kak agar psikologis dan mental kita tetap terjaga. Salah satunya dengan mengasah bakat atau mencoba hal yang baru. Sayangnya saya gak bisa bisa nih mainin adobe, hehehe. Udah ada canva jadi keenakan. Eh tapi ga bisa tuh canva kalo pengen hapus bekgron dan jadi file png atau clipart. Tetep ya, harus belajar lagi adobe niihhh

    BalasHapus
  18. Sekarang lagi new normal, tentu perlu proses adaptasi. Salah satu yang terdampak yakni proses belajar di sekolah. Dulu offline sekarang online.

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email