Informasi dan Hiburan Virtual, Video Conference Solusinya

Posting Komentar

Gambar oleh <a href="https://pixabay.com/id/users/fredrikwandem-4105145/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=4125832">Fredrik Solli Wandem</a> dari <a href="https://pixabay.com/id/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=4125832">Pixabay</a>
poto/pixabay
Pada tanggal 9 Oktober mendatang, musisi ternama Iwan Fals akan mengadakan konser bertajuk “Dibalik Nyanyian” secara virtual. Hal ini diadakan ketepatan dengan hari jadi sang istri.

Konser ini juga merupakan perayaan 45 tahun ia sudah berkarya sebagai seorang seniman. Pemilik nama asli Virgiawan Listanto memilih konsep virtual dikarenakan masih adanya wabah virus Corona.


Sesuai protokol kesehatan dan himbauan dari pemerintah, bahwa masyarakat harus saling berjaga jarak juga menghindari tempat-tempat keramaian. Seperti kegiatan sekolah, kini juga sudah beralih ke daring (dalam jaringan).


Aplikasi-aplikasi Video Conference


Seperti halnya musisi Iwan Fals yang akan mengadakan konser secara virtual,  para penyelenggara acara yang lain juga melakukan hal yang sama. Seminar-seminar yang biasanya dilakukan mengharuskan peserta datang ke tempat, kini dilakukan secara online.

Berikut beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk video conference :


1. Youtube Live

Bukan hanya untuk menonton video-video yang sudah terekam sebelumnya, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk live streaming. Sangat cocok untuk mengadakan webinar atau tayangan langsung lainnya.

2. Google Meet

Dengan adanya fasilitas audio dan visual, ketika sedang melakukan video conference, memudahkan untuk bertatap muka secara langsung. Walaupun berada di tempat yang berbeda-beda. Komunikasi bisa dilakukan dari banyak arah.

3. Zoom Meeting

Merupakan aplikasi video conference lainnya, yang juga banyak diminati saat ini. Ada beberapa tingkatan harga, yaitu gratis untuk durasi 40 menit per pertemuan. Zoom pro dibanderol USD 14,99 per meeting host masa aktif sebulan.

4. WhatsApp

Sebelum adanya virus Corona, aplikasi ini sudah cukup terkenal di berbagai dunia. Hanya menggunakan smartphone sudah dapat diakses, tanpa perlu membayar sejumlah harga. Mampu dilakukan hingga 32 orang dalam sekali pertemuan.


Persiapan yang dibutuhkan untuk Video Conference


Agar terlaksananya acara dengan baik dan lancar, diperlukan persiapan yang matang. Juga mengurangi adanya kesalahan atau gangguan-gangguan yang lain.


1. Mengatur Jadwal

Baik itu acara konser, webinar, bekerja dan belajar online, harus ditetapkan jadwalnya. Tidak bisa secara spontanitas. Karena sudah pasti orang-orang tidak akan tahu mengenai kegiatan tersebut. Sama seperti acara-acara offline, pihak penyelanggara menginformasikan kepada peserta atau penonton, minimal sehari sebelum hari-H.

2. Persiapkan Materi atau Konten

Agar informasi dapat tersampaikan dengan efektif, maka materi atau konten yang eksklusif harus dipersiapkan dari sebelum acara dimulai. Penyampaian hal-hal yang penting, dan sedikit humor agar pertemuan tidak terkesan kaku.


3. Perangkat Penting

Karena dilakukan secara online, sudah pasti harus tersambung ke jaringan internet. Persiapkan kuota yang cukup agar tidak terputus-putus saat acara sedang berlangsung. Isi daya laptop atau smartphone secara penuh, baterai yang mendadak  bisa mengganggu dan mengurangi konsentrasi.


Manfaat Video Conference

Ada banyak keuntungan yang didapat dari kegiatan daring, beberapa diantaranya adalah :


1. Tetap berada di dalam rumah

Terhindar dari tempat keramaian, hal ini bisa mengurangi penularan virus Corona.


2. Dapat hadir meski berada di tempat yang jauh

Tidak perlu mengeluarkan ongkos transportasi untuk menuju lokasi acara.

3. Menghemat waktu

Dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Bisa sambil mengerjakan kegiatan lain, seperti membersihkan rumah, mencuci baju, mengurus anak, dan lain-lain.


Saat ini banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan informasi dan hiburan. Salah satunya bagi yang suka menonton konser. Mulai untuk mempersiapkan kuota yang cukup. Dan jaringan internet yang lancar, untuk bisa melihat musisi ternama Iwan Fals bernyanyi secara langsung melalui video conference (virtual).

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email