Bahasa Pemrograman Komputer

2 komentar
poto/pixabay
poto/pixabay
Seorang developer harus menguasai bahasa pemrograman. Tidak harus semua, tetapi seorang programmer dapat memilih satu atau dua bahasa pemrograman. Dan apabila telah dikuasai, maka akan sangat sempurna untuk membuat suatu aplikasi atau software.

Beragam kebutuhan, menimbulkan banyaknya bahasa pemrograman. Masing-masing dari penggunaannya memiliki ciri khas yang tentu berbeda. Penggunaan aplikasi pendukung, instruksi-intruksi untuk menjalankannya, tampilan, dan lain-lain.

Menurut Wikipedia dalam situsnya bahasa adalah, "Kemampuan manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata atau gerakan". Dengan adanya bahasa pemrograman, telah menjadi jembatan antara programmer dengan komputer untuk menyampaikan informasi kepada banyak orang.

Pengertian Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman adalah deretan baris-baris dari perintah (syintax) yang dipahami oleh komputer lalu, menentukan secara persis data mana yang akan diolah, kemudian mengambil langkah solusi berdasarkan situasi dan kondisi yang dibutuhkan.

Beberapa golongan dalam bahasa pemrograman :

1. Bahasa Mesin
Direpresentasikan dalam kode biner yaitu 0 dan 1. Bahasa ini dapat langsung dimengerti oleh komputer, oleh sebab itu banyak orang yang tidak terlalu paham dengan kode ini, mengakibatkan akan sulit untuk membaca. Karena kita sebagai manusia menggunakan kata-kata untuk berkomunikasi dibandingkan hanya dengan angka.

2. Bahasa Tingkat Rendah
Tujuannya agar mudah untuk mengerjakan pemrograman. Karena bahasa mesin sangat sulit digunakan. Terdapat perintah-perintah seperti SUB, LOOP, CMP, dan lain-lain. Namun, karena masih tergolong tingkat rendah, maka masih terdapat kendala. Dibutuhkan program assembler untuk menterjemahkannya ke dalam bahasa mesin.

3. Bahasa Tingkat Tinggi
Bahasa pemrograman yang paling mudah dipahami, dan muncul pada tahun 1950-an. Karena perintah yang digunakan mengandung bahasa manusia, seperti if, for, while, dan lain-lain. Beberapa contohnya adalah PHP (Personal Home Page), Ruby, Python, C++, JavaScript, dan lain-lain. Maka tidak akan sulit untuk ditulis dan dibaca.

Bahasa Pemrograman Populer

Dari sekian banyaknya bahasa pemrograman di dunia, ada beberapa yang sering digunakan oleh para programmer, diantaranya adalah :

1. PHP (Personal Home Page)
Dapat digunakan untuk server side scripting, hal ini berfungsi untuk membuat website yang dinamis. Oleh karena itu PHP cukup sering digunakan oleh para web developer, salah satunya para penduduk Indonesia. Database yang sering digunakan adalah MySql, selain itu dapat menambah fungsi-fungsi yang tidak dimiliki oleh HTML. Penggunaannya yang gratis menambah daya tarik peminat untuk menggunakannya.

2. JavaScript
Diciptakan oleh Brandan Eich pada tahun 1995. Beberapa framework yang dimiliki yaitu React dan AngiarJS, memiliki peran yang sangat baik dalam perkembangan perangkat mobile. Beberapa fungsi yang dimiliki adalah meningkatkan fungsionalitas website, mengaktifkan game, juga terdapat ribuan template yang dapat digunakan secara gratis.

3. Ruby
Bahasa pemrograman yang bersifat open source , fungsional dan berorientasi objek, sangat fleksibel dan cocok bagi para pemula. Dirilis pertama kali pada tahun 1995. Framework yang banyak digunakan adalah Rails, memiliki karakteristik berbasis antara client-server.

4. Python
Secara luas digunakan untuk saintifik, data mining, dan machine learning. Bahasa pemrograman Python dapat mengeksekusi sejumlah perintah secara langsung berdasarkan metode berorientasi objek. Anaconda Navigator adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan, dan telah dilengkapi dengan tool-tool pengembangan.

Tidak perlu bingung dalam menentukan bahasa pemrograman. Menguasai keseluruhannya memang bagus dan sempurna, namun, sesuaikan dengan kebutuhan, pilih salah satu yang paling tepat untuk menemukan solusi dari kendala-kendala yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Related Posts

2 komentar

  1. Bahasa Go juga lagi rame Mbak selain JavaScript. Biasanya untuk backend.

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email